Maintenence
Dapatkan Ke PC

Monday, December 11, 2017

Penyebab Terjadinya Perbedaan

Advertise

KODE IKLAN DISINI

Safe Link Converter

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc!
Made your link safe to visit.





How to use our tool:

  1. Click on How To Use menu above.
  2. Click on the code and CTRL + C on your keyboard.
  3. Paste the code in your HTML blog theme before the </body>.
  4. Save your HTML blog theme. you are done!
  5. Now, your blog's outbound links was encrypted!

Advertise

KODE IKLAN DISINI

Your link show here



Advertise

KODE IKLAN DISINI



Penyebab Terjadinya Perbedaan yang sering menimbulkan komplik karena adanya perbedaan pemikiran
Penyebab Terjadinya Perbedaan

Perbedaan pendapat antara satu dengan yang lainnya itu wajar saja terjadi karena adanya beberapa faktor yang mendorong terjadinya hal tersebut. Ada tiga faktor yang mengakibatkan orang berbeda paham yaitu:

1. Melihat dari sudut pandang yang berbeda

Dengan sudut pandang yang berbeda dalam melihat setiap persoalan akan sering melahirkan ketidak arifan dan sering mengkultuskan (menghormati,sopan) diri sebagai pihak yang benar. Perbedaan dari sisi ini kita bisa mengambil contoh pada kasus orang buta dalam mempersespsikan seekora Gajah. Ada yang mengatakan gajah itu adalah binatang yang berekor panjang karena yang ia raba adalah ekoranya dan yang mengatakan bahwa gajah itu adalah binatang yang bertelinga lebar karena yang ia raba adalah telinganya.

Semua mengaku bahwa dialah yang benar dan yang lain salah, padahal seharusnya mereka tidak boleh mengatakan bahwa dia saja yang benar karena pada satu sisi kita melihat bahwa yang lain juga benar. Jadi, untuk lebih jelasnya perbedaan mereka, maka kita memerlukan orang yang sehat mata yang bisa melihat dari setiap sisi.

Dalam setiap perbedaan memang perlu diadakan pengkajian mendalam, karena ada kaedah yang mengatakan:
Yang berbeda itu pasti salah satunya benar atau boleh jadi salah semua
Jika kita bertanya satu tambah satu sama dengan berapa? kelompok pertama menjawab dua dan ada juga yang menjawab tiga, kelompok kedua menjawab lima dan ada juga menjawab enam. Dari dua kelompok ini maka jawaban kelompok pertama salah satunya ada yang benar sedangkan kelompok keduanya salah.

2. Egoisme

Orang yang bersifat egois biasanya tertutup dengan berbagai perbedaan sehingga biasanya menempatkan dan menganggap dirinya sajalah yang benar. Orang yang seperti ini biasanya membatasi dirinya untuk mencari tahu alasan orang lain yang berlawanan dengannya, ia terjebak dengan simbol-simbol, suka mengkultuskan kelompok tanpa alasan yang rasional, tidak mau diajak diskusi, kalau diajak diskusi suka emosi, ia membatasi dirinya dengan hanya membaca buku tertentu saja, tidak mau membandingkan pahamnya dengan yang lain atau melarang orang membaca buku terbitan tertentu sehingga cara pandangnya sangat subyektif. Kalau kita sepakat bahwa sifat egois itu tidak baik maka mari kita tinggalkan

3. Kurangnya Ilmu

Banyaknya pertengkaran terjadi penyebab yang paling dominan adalah kurangnya ilmu (tidak tahu masalah) karena seandainya sama-sama tahu tidak mungkin terjadi perselisihan. Kenapa dari setiap kejadian kadang orang yang berburuk sangka kepada Tuhan, karena orang itu sangat kurang ilmunya tentang Tuhan.

Dari sisi ini kita tidak tahu siapa yang paling tahu masalah dan siapa yang kurang tahu masalah, apakah dari pihak yang menuding atau dari yang dituding. Karena keduanya berada pada titik yang sama yaitu keduanya boleh jadi ada pada pihak yang salah, sehingga untuk menguji kekuatan kebenarannya maka haruslah mampu mempertahankan pemahamannya dengan argumentasi yang bersandarkan pada dalil naqli dan aqli.

Dan siap diantara mereka yang takut untuk mendiskusikannya, emosi kalau diserbu beberapa pertanyaan, melarang bertanya, tidak mau membandingkan pahamnya dengan pihak yang berseberangan dengannya, maka itulah ajaran palsu yang bertopeng diatas kebenaran, dan kalau kita sepakat bahwa kurang ilmu itu tidak baik maka mari kita sama-sama menambah ilmu.

No comments:

Post a Comment